Lulus SMA, kuliah atau kerja?

Bagi banyak orang, masa-masa SMA merupakan masa yang paling berkesan. Banyak pengalaman yang tak terlupakan terjadi ketika SMA, dari mulai kisah kasih, kisah akademis, pengalaman dengan guru killer, dan banyak lagi. Banyak siswa beranggapan bahwa masa SMA adalah masa ‘puncak’ dari kehidupan. Buktinya ketika pengumuma kelulusan, para siswa yang lulu merayakan dengan “luar biasa”. Tapi pasti ada beberapa dari mereka justru bingung setelah mendapat pengumuman kelulusan. Pertanyaan yang muncul adalah “setelah ini mau kerja atau kuliah ya?” Jika kamu sedang mengalaminya, jangan gundah karena banyak siswa yang lulus SMA memiliki pertanyaan yang sama. Nah kali ini akan saya coba bantu sedikit kemungkinan dan prospek masa depan dari kedua pilihan tersebut.

Ijazah SMA di Dunia Kerja

Banyak orang yang langsung terjun ke dunia kerja dengan Ijazah SMA. Agar kamu dapat sukses meniti kehidupan ada beberapa kunci yang akan saya bagikan. Kunci pertama dari keputusan ini adalah JANGAN MALU. Hampir semua tingkatan pendidikan dari SMA hingga Sarjana memiliki lowongan pekerjaan. Jangan ragu menggunakan ijazah SMA kamu untuk masuk ke dunia kerja. Akan tetapi pasti akan muncul perasaan malu atau minder, terutama ketika kita tahu bahwa ada teman-teman kita yang (BISA dan MAMPU) meneruskan ke jenjang kuliah. Ketika kamu sudah memutuskan untuk bekerja, STOP melihat pilihan teman-temanmu. Ketika kamu memilih bekerja pasti pertimbangan terbesar adalah kemampuan orang tua. Niat tulusmu untuk tidak memberakan orang tua dengan tidak melanjutkan ke jejang kuliah jangan kamu kotori dengan malu dan gengsi. Tak ada salahnya bekerja sebagai lulusa SMA.

Kunci yang kedua adalah jangan terlalu memilih-milih pekerjaan. Banyak lowongan dengan kualifikasi lulusan SMA, namun tidak banyak posisi yang ditawarkan. Jika kamu memang berniat untuk bekerja, jangan terlalu memilih lowongan yang ada. Selama kamu mampu dan mau untuk bekerja, coba lamar posisi tersebut. Beberapa kota sudah menerapkan gaji UMR bagi pekerjaan dengan kualifikasi SMA, inilah standar utamamu dalam mencari pekerjaan. Bagi lulusan SMA pilihan pekerjaanya sangat beragam  seperti Office Boy, Karyawan Pabrik, Kasir, Pramuniaga, Pramusaji, dan sebagainya. Namun bagi lulusan SMK pilihan pekerjaanya terbatas sesuai dengan jurusan sewaktu sekolah.

Kunci ketiga, ingin gaji besar maka merantaulah. Jenjang karir di kota kecil sangat sulit bagi lulusan SMA. Jika ingin gaji besar dan jenjang karir yang menjanjikkan, merantaulah ke kota besar. Tak hanya pekerjaan yang akan kamu temui di kota besar, namun juga teman baru, relasi baru, dan yang paling utama adalah pengalaman baru yang akan berguna bagi hidupmu kelak. Sedikit cerita, saya memiliki teman lulusan SMK otomotif yang sudah merantau sejak 2010. Kini dia sudah memiliki mobil sendiri dari pekerjaan yang tekuni sejak saat itu sebagai montir di salah satu merek mobil ternama. Saya sendiri yang sudah lulus kuliah sejak 2015 masih belum mampu bahkan untuk membayar DP mobil tersebut.

Melanjutkan Kuliah

Salah satu syarat utama untuk lanjut kuliah adalah memiliki biaya yang cukup. Ada tiga cara untuk mencapai syarat tersebut. Yang pertama adalah orang tua kamu berada dalam kondisi finansial yang minimal ‘cukup’. Cara yang kedua adalah membatu biaya kuliah dengan kerja sambilan. Cara yang ketiga adalah mencari beasiswa.

Bagi kamu yang berasal dari keluarga mampu, saran saya pilihlah untuk kuliah. Kamu akan belajar banyak hal di bangku kuliah bukan hanya tentang jurusan yang kamu pilih. Di bangku kuliah kamu akan belajar akademis dan nilai-nilai moral. Akan tetapi jika orang tuamu sedikit kesulitan dalam membiayai kamu kuliah, mau tidak mau kamu harus membatu mereka dengan bekerja sambilan. Ada banyak pekerjaan sambilan bagi mahasiswa seperti menjadi tentor di bimbingan belajar.

Cara yang terakhir ini adalah cara yang butuh usaha keras, namun hasilnya sangat manis. Jika kamu memiliki prestasi akademis dan atau non-akademis, banyak universitas yang mencarimu dengan jalur beasiswa. Persaingan tetap ada, namun jangan menyerah sebelum berusaha. Ada juga beasiswa Bidikmisi dari pemerintah yang kini semakin banyak ditemukan di berbagai universitas.

Kesimpulan

Setelah lulus SMA, baik kerja ataupun kuliah pasti ada masalah dan halangan yang akan kalian temui. Sebelum memutuskan, kamu perlu mempertimbangkan pilihanmu dengan sungguh-sungguh. Diskusikan pilihanmu dengan orang tua, mereka pasti akan memberikan masukan kepadamu. Perhatikan juga kondisi keluargamu dan jangan terlalu memaksakan pada satu pilihan saja. Tapi baik kerja atau kuliah, keduanya butuh usaha yang keras agar kelak hidupmu bisa terjamin.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>