5 Hal yang Dapat Mengganggu Kuliah

Sebagai mahasiswa, tujuan utama kita adalah menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu yang ideal dan nilai sebaik mungkin. Namun untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang keras. Alhasil, banyak mahasiswa yang mengisi waktu mereka dengan beragam kegiatan agar rutinitas kuliah tidak membosankan. Jika kamu salah satunya yang memiliki kegiatan di luar kuliah, kamu harus berhati-hati agar kegiatanmu tersebut tidak mengganggu kuliahmu. Berikut ini adalah 5 hal yang dapat mengancam kuliah.

1. Pertemanan

Suasana pertemanan semasa kuliah sangat berbeda ketika SMA. Selama menjadi mahasiswa teman dapat membantumu dalam menyelesaikan masalah kuliah, atau justru menjerumuskan. Jika kamu bergaul dengan teman-teman yang rajin dan memiliki tekad yang besar untuk kuliah dengan sungguh-sungguh, pastinya kamu juga akan terpacu untuk mengikuti jejaknya. Akan tetapi jika kamu berteman dengan seorang yang memiliki sifat pemalas dan atau sering menyepelekan kuliah dengan dalih “yang penting lulus”, hal ini dapat mengganggu kuliah atau bahkan mengancam kuliah. Meskipun sebagian besar tugas-tugas kuliah bersifat individual, jika dikerjakan bersama dengan teman (ingat ya dikerjakan bersama, bukan menyalin apalagi copy paste) pastinya akan lebih mudah. Selain itu jika kamu sering berdiskusi dengan temanmu tentang tugas-tugas kuliah atau seputar mata kuliah, pastinya akan memberikan dampak positif.

Alasan pertama mengapa pertemanan masuk pada daftar pertama adalah karena banyak mahasiswa tidak sadar bahwa teman memiliki dampak yang besar terhadap kuliah. Jika kamu memiliki teman atau group tertentu, cobalah renungkan apakah pertemananmu dengan mereka memberikan dampak positif atau negatif. Meskipun begitu, bukan berarti kita harus pilih-pilih teman. Kita boleh berteman dengan siapa saja, akan tetapi harus pintar-pintar memilih diantara mereka siapa-siapa saja yang sebaiknya dipilih menjadi teman dekat. Karena teman dekat inilah yang biasa akan kita bantu, dan mereka juga tidak segan untuk membantu kita.

Selain teman dekat, teman istimewa juga dapat berpotensi mengganggu kuliah. Tak ada salahnya untuk dekat dengan teman istimewa lawan jenis atau pacar, namun perlu diingat bahwa perasaan “sayang” dapat menutupi akal sehat kita. Jika dengan adanya pacar dapat menyemangati kita untuk kuliah, tak ada masalah memilikinya. Akan tetapi jika pacar selalu meminta hal yang diluar kemampuan kita, mungkin sebaiknya diakhiri karena kuliah adalah prioritas utama dan amanah dari orang tua kita.

2. Organisasi

Baik di kampus besar atau kecil, pasti terdapat organisasi dari mulai Himpunan Mahasiswa dan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa. Pengalaman mengikuti organisasi merupakan pengalaman yang berharga. Berorganisasi nantinya dapat menjadi bekal kita di dunia kerja. Namun sekali lagi, kita harus pintar-pintar membagi waktu. Pastikan bahwa organisasi merupakan aktivitas sampingan, bukan menjadi aktivitas utama. Alokasikan waktu yang lebih pada organisasi jika memang kamu sudah menyelesaikan segala tanggung jawab kuliahmu, seperti tugas, papper, makalah, presentasi, dan alokasi waktu untuk belajar. Ingat bahwa organisasimu tidak dapat menolong kuliahmu, dan kamu berada di kampus dan dapat mengikuti organisasi karena kamu sedang kuliah.

3. Hobi

Tak ada yang salah dengan hobi. Hobi merupakan tempat kita untuk menyegarkan pikirian dari hiruk pikuk tugas kuliah. Yang salah dari hobi adalah jika kita terlalu asyik menggeluti hobi. Apapun jenis hobi yang kamu miliki entah bermain game, menonton film, bermusik, traveling atau yang lain, lakukan hobimu pada waktu dan tempat yang sesuai. Misalnya jika memang kamu hobi nonton drama korea, dan sering marathon berbagai judul dan seri, batasi waktunya hanya ketika di weekend saja dan jika semua tugas sudah selesai.

4. Pekerjaan Paruh Waktu

Jika kamu ingin memiliki pekerjaan paruh waktu, pastikan kamu memikirkan alasannya matang-matang dan harus bersiap dengan segala konsekuensinya. Jika kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk kuliah, tapi ingin memiliki penghasilan tambahan dengan pekerjaan paruh waktu, saya sarankan pikir kembali. Kuliah dan bekerja membutuhkan tenaga yang ekstra. Beban fisik dan beban pikiran akan kamu alami lebih berat. Untuk dapat melakukan keduanya sekaligus, kamu harus butuh motivasi yang kuat. Saya sendiri pernah bekerja dan kuliah karena kondisi ekonomi yang terbatas. Satu-satunya hal yang dapat membuat saya kuat melakukan keduanya adalah keadaan yang memaksa saya. Secara tidak langsung justru hal tersebut menjadi motivasi saya agar kuat melakukan keduanya. Inilah kunci agar kuliah dan bekerja aman dilakukan keduanya, yaitu motivasi yang kuat.

5. Masalah Keluarga

Tiap keluarga pastinya memiliki permasalahan masing-masing. Kondisi keluarga saat ini pasti memiliki masalah, entah itu masalah kecil atau masalah besar. Meskipun kita hanya sebagai anak, terkadang masalah keluarga juga berhubungan dengan kita secara tidak langsung. Agar masalah keluarga tidak mengganggu kuliahmu, kamu harus tahu bagaimana posisimu dalam masalah tersebut. Jika memang masalah tersebut bukan tanggung jawab kamu dan bukan kapasitasmu untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka cara satu-satunya adalah dengan bersikap acuh. Acuh disini bukan tanpa alasan karena kuliah membutuhkan tenaga dan pikiran yang optimal. Jangan sia-siakan tenaga dan pikiranmu pada hal yang bukan menjadi tanggung jawabmu karena tenaga dan pikiran kita ada batasnya. Jika masalah keluarga merupakan bagian dari tanggung jawabmu, sebaiknya segera selesaikan masalah tersebut. Besar kecilnya masalah keluarga, pasti akan mengganggu kondisi pikiran dan hati kecilmu karena setiap saat pasti pikiranmu akan mudah teralihkan karena masalah yang belum selesai.

Itulah 5 hal yang dapat mengganggu kuliah. Selalu perhatikan bagaimana kondisi dirimu dan sekitarmu. Pilih komunitas, teman, dan aktivitas yang dapat mendukung kuliahmu. Ingat bahwa kuliah merupakan amanah dari orang tua, dan amanah itu harus dipertanggung jawabkan. Fokus pada hal-hal yang penting dan perlu, jangan mudah teralihkan oleh hal-hal lain.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>