Kuliah di Jogja? Siapkan Diri Untuk 3 Hal Ini

Jogja sebagai Kota Pelajar, merupakan tujuan favorit bagi para siswa yang akan melanjutkan jenjang kuliah. Dari mulai PTN hingga PTS yang terkenal semuanya ada di Jogja tinggal pilih. Tapi apapun kampus yang kamu tuju di Jogja, ada tiga hal yang harus kamu siapkan untuk meniti ilmu di kota Gudek ini. Siap-siap aja biar g kaget di kemudian hari nanti.

Transportasi di Jogja

Transportasi di kota Jogja itu gampang-gampang susah. Kalo kamu mau kos di deket kampus, g akan bermasalah dengan transportasi. Tapi kalo kamu sering bepergian maka ada baiknya untuk tau bagaimana transportasi umum di Jogja. Yang pertama, Jogja tidak memiliki angkot seperti di kota-kota besar lainnya. Jogja hanya memiliki bus mikro dan Transjogja. Meskipun terdapat bus mikro, jumlahnya sangat sedikit. Saya sendiri yang sudah 10 tahun di Jogja, hanya dua kali naik bus mikro dari Janti ke UNY. Tapi ada beberapa bus mikro yang gampang ditemui seperti bus yang tujuan akhirnya ke Kaliurang dan ke Parangtritis. Kedua jurusan itu masih favorit digunakan oleh warga asli khususnya. Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, salah satu cara mudah adalah dengan naik Transjogja. Bus Transjogja merupakan bus berukuran mikro, namun sistemnya seperti bus Transjakarta, bayarnya sekali namun bisa naik berkali-kali selama tidak turun dari halte.

Masyarakat di Jogja

Sebagai mahasiswa, pilihan utama untuk kuliah di Jogja adalah tinggal di tempat kos. Kos di Jogja banyak bertebaran di sekitar kampus. Namun kamu perlu meperhatikan bagaimana aturan di kampung kos tersebut, mengingat sebagian besar kos tersebut terletak di tengah kampung. Meskipun kos terletak di tengah kota, warga atau masyarakat di Jogja sangat menjunjung tinggi etika dan sopan santun. Oleh karena itu kamu harus menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang ada di kampung kawasan tempat kamu tinggal.

Makanan di Jogja

Jogja merupakan salah satu tempat dengan beragam kuliner. Salah satu ciri khas dari makanan asli Jogja adalah rasa manis. Bagi beberapa orang rasa manis di makanan Jogja sangat berlebihan. Bagi kamu yang berasal dari Jawa Timur yang notabene suka dengan masakan gurih, asin dan pedas, kamu harus menyesuaikan makanan di Jogja. Warung-warung rames, nasi pecel, dan gudeg sebagian besar masakan mereka di dominasi oleh rasa manis.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

2 thoughts on “Kuliah di Jogja? Siapkan Diri Untuk 3 Hal Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>