Manfaat Presentasi

Dulu mungkin hanya mahasiswa yang sering mendapat tugas presentasi. Namun kini tugas presentasi sudah mulai diberikan pada siswa SMP dan SMA. Tugas presentasi yang saya maksud disini adalah tugas bagi individu atau kelompok dalam mencari suatu materi yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas. Mungkin bagi beberapa orang sedikit memandang remeh tugas presentasi. Salah satu stigma adalah “kan kamu bisa baca sendiri, kenapa harus saya presentasi”. Nah dibalik itu semua ada manfaat tersendiri dari tugas presentasi.

1. Melatih Komunikasi

Presentasi merupakan tempat kamu berlatih kemampuan berkomunikasi

Presentasi adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk berlatih berkomunikasi, terutama berkomunikasi di depan publik. Jangan salah ya, kemampuan berbicara di depan banyak orang bukanlah kemampuan yang bisa dipelajari secara otodidak. Banyak orang yang gugup setengah mati ketika berada di depan banyak orang. Jangankan untuk berbicara, untuk berdiri tegap saja mereka kesulitan karena kakinya gemetaran. Indikator utama dalam berkomunikasi adalah seberapa besar minat audience dalam memperhatikan kamu ketika sedang presentasi. Oleh karena itu apapun materi yang sedang kamu presentasikan, cobalah untuk menyampaikan materi tersebut secara menarik.

2. Presentasi Akan Melatih Mentalmu

Dengan presentasi, kamu bisa melatih mental ketika berada di depan banyak orang

Bukan hanya olahraga ekstrim yang memerlukan mental yang kuat, dalam presentasi juga butuh kemampuan mental. Salah satu halangan pertama dalam presentasi adalah “malu”. Entah mengapa hampir semua orang memiliki perasaan tersebut ketika berada di depan banyak orang ketika pertama kali. Dengan presentasi, kamu akan terbiasa berada di depan orang banyak menjadi pusat perhatian. Perasaan tersebut tidak dapat dilatih kecuali benar-benar pada kondisi yang nyata. Selain itu itu dengan presentasi, kamu juga dapat mengembangkan rasa percaya diri kamu. Tipsnya adalah ketika berada di depan, kamu harus yakin dengan apa yang akan kamu presentasikan.

3. Berguna di Masa Depan

Presentasi merupakan bekal masa depan kamu kelak

Kemampuan presentasi sangat penting di dunia kerja. Presentasi merupakan awal kamu berlatih untuk berkomunikasi, mengutarakan pendapat, dan berargumentasi dengan orang lain. Dalam wawancara pekerjaan, kemampuan berkomunikasi kamu merupakan salah satu penilaian. Ketika kamu bekerja, kamu akan dituntut untuk selalu “presentasi” setiap hari entah dengan rekan kerja atau bahkan dengan atasan kamu. So, jangan pandang remeh dengan tugas presentasi.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>