Seluk Beluk Rumah Kos Buat Kamu Para Maba

Tips memilih kos bagi mahasiswa bariu

Setelah pengumuman penerimaan mahasiswa keluar, pasti mahasiswa yang diterima akan senang bukan kepalang. Namun ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum bisa memulai aktivitas kuliah. Salah satu hal yang penting adalah persiapan untuk tempat tinggal sementara khususnya bagi mahasiswa perantauan. Ada beragam macam pilihan tempat tinggal sementara seperti asrama, pondok, rumah kos, hingga kontrakan. Namun seringnya bagi mahasiswa baru, indekos merupakan pilihan yang lebih mudah.

1. Pembayaran Kos Tahunan dan Bulanan

Terdapat dua sistem pembayaran kos, yaitu pembayaran tahunan dan bulanan. Kos yang berada di dekat kawasan kampus, sebagian besar menerapkan sistem pembayaran tahunan. Mereka menerapkan sistem tahunan karena biasanya kamar kos di kawasan kampus hanya ramai di cari saat awal tahun ajaran baru. Namun ada juga beberapa rumah kos yang sistem pembayarannya bulanan, bisa per bulan, per 3 bulan, atau per 6 bulan. Rumah kos dengan pembayaran bulanan biasanya terletak di kawasan yang relatif jauh dengan kampus.

2. Awal Tahun, Musim Pemburu Kos

Awal tahun pelajaran sekitar bulan juli hingga agustus, adalah musim penerimaan mahasiswa baru. Alhasil banyak mahasiswa baru yang akan mencari. Tidak hanya itu, beberapa mahasiswa lama mungkin juga ada yang mencari kos karena harus pindah. Jika kamu mahasiswa baru, sempatkan untuk jalan-jalan ke kampung di sekitar kampus setelah registrasi. Tanyalah pada orang-orang tentang rumah kos yang kosong yang bisa ditempati. Jika sudah pasti sebaiknya segera memberi DP agar kamu tidak kelimpungan mencari tempat kos.

3. Fasilitas dan Harga Rumah Kos

Untuk masalah harga rumah kos sangat bergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas pertama adalah ukuran kamar dari yang sempit sekitar 2,5 x 2.5 m hingga yang luas hingga 4 x 5 m. Fasilitas kedua adalah kamar mandi, dimana kamar kos denga kamar mandi dalam tentu saja lebih mahal dari pada kamar mandi luar. Beberapa kamar kos sudah disediakan isi standar kamar untuk mahasiswa, minimal terdapat kasur dan meja kecil. Namun ada juga yang kamarnya memiliki isian berupa lemari. Jangan lupa tanyakan bagaimana sistem pembayaran listrik. Biaya tahunan kos ada yang sudah termasuk listrik namun ada juga diluar iuran listrik. Semua fasilitas tersebut pastinya mempengaruhi harga sewa kos.

4. Pertimbangkan Lingkungan Rumah Kos

Dalam memilih kos, bukan hanya fasilitas yang menjadi pertimbangan utama namun juga lingkungan. Lingkungan kos ini sangat berpengaruh dengan kegiatanmu sehari-hari selama tinggal di kos. Yang pertama, pastikan bahwa rumah kos tersebut memiliki peraturan yang jelas seperti jam malam dan peraturan teman menginap. Peraturan ini sangat penting untuk menjaga keamanan kos, karena sudah banyak terjadi kasus pencurian di kos. Selain itu kos yang berada di dekat jalan pasti lebih berisik karena banyak kendaraan lalu lalang. Pastikan juga rumah kos memiliki lahan parkir yang cukup jika kamu akan membawa kendaraan serta adanya gerbang agar lebih aman.

Itulah beberapa seluk beluk indekos yang kamu harus tau. Memang gampang-gampang susah mencari rumah kos. Faktor keberuntungan juga memiliki besar ketika mencari rumah kos. Jika memiliki kakak tingkat, kamu bisa bertanya informasi seputar indekos karena biasanya mereka lebih tahu bagaimana kondisi di sekitar kawasan kampus.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>