Asal-Usul First Name dan Last Name

Jika kita perhatikan, orang-orang yang berasal dari budaya barat memiliki nama yang terdiri dari dua kata. Kemudian dalam website-website internasional, dalam pendaftarannya selalu mencantumkan kolom first name dan last name. Hal tersebut merupakan hasil dari budaya barat dimana mereka memiliki sistem penamaan bagi anak-anak mereka. Anak-anak tersebut selalu memiliki dua nama yaitu nama depan dan nama belakang.

Given Name atau First Name

Given name atau first name merupakan nama pemberian dari orang tua kepada anak mereka. Setiap anak dari orang tua yang sama biasanya memiliki given name masing-masing. Given name biasanya merupakan nama panggilan bagi mereka.

Surname atau Last Name

Surname atau last name merupakan nama keluarga. Nama keluarga dari seorang anak biasanya sama dengan last name atau nama keluarga yang dimiliki oleh sang ayah. Last name digunakan sebagai nama panggilan kepada orang yang baru dikenal. Oleh karena itu memanggil orang “barat” dengan nama akhir menunjukkan sikap hormat (bukan meledek seperti di Indonesia). Dalam panggilannya biasa digunakan Mr. Ms. Mrs. Sir dan sebagainya. Akan tetapi jika sudah akrab atau dekat, first name yang digunakan.

Middle Name

Beberapa orang memiliki middle name. Nama tengah dari seorang anak bisa diambil dari mana saja. Salah satu yang sering digunakan sebagai middle name adalah first name dari sang ayah. Berikut ini contohnya:

Ayah : Nicholas Smith

Saya : Michael Nicholas Smith

Given name saya adalah Michael. Family name saya adalah Smith dan middle name saya adalah Nicholas. Nama tengah saya diambil dari first name ayah saya. Akan tetapi bisa juga nama tengah dipilih selain itu, tergantung budaya.

Last Name bagi seorang istri

Bagi seorang wanita yang telah menikah akan mengalami perubahan nama. Nama mereka setelah menikah akan ditambah nama keluarga dari sang suami. Nama keluarga bawaan wanita tersebut akan berubah menjadi maiden name atau nama gadis. Oleh karena itu setelah menikah, wanita akan memiliki nama keluarga yang sama dengan suami.

Manfaat Sistem Penamaan Given Name dan Surname

Dengan adanya sistem penamaan tersebut, mencari asal-usul seseorang sangatlah mudah. Dalam pencarian orang, biasanya di kepolisian, diperlukan first name, middle name, dan last name sehingga dapat dengan mudah menemukan orang yang dicari.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>