7 Tips Jitu Belajar Bagi Mahasiswa Baru Generasi Millenial

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus mulai menerapkan strategi baru untuk belajar. Sistem belajar mengajar yang berbeda jauh dengan bangku SMA, mengharuskan kamu beradaptasi di lingkungan baru. Jika ingin memperoleh nilai bagus, maka cara belajar kamu harus disesuaikan agar kuliah yang kamu dapatkan efektif. Berikut ini adalah 7 tips belajar bagi mahasiswa baru bagi kamu generasi millenial.

1. Good Notes Good Grades

Catatan yang bagus adalah salah satu kunci nilai bagus

Catatan merupakan kunci utama bagi mahasiswa. Biasanya dalam proses kuliah, dosen hanya memberikan informasi-informasi. Kemudian selain itu dosen sangat jarang memberikan catatan di papan tulis layaknya guru SMA. Kini proses kuliah dipermudah dengan adanya slide presentasi. Nah sebaiknya kita jangan hanya mengandalkan copian file dari presentasi dosen, akan tetapi catat bagaimana dosen menjelaskan setiap poin yang ada. Kamu harus berlatih untuk hanya mencatat hal-hal yang penting agar lebih efisien. Jika kamu malas mencatat, kamu bisa menggunakan recorder untuk merekam proses kuliah. Hal ini lebih mudah sehingga kamu tidak terburu-buru saat mencatat. Catatan yang baik akan sangat berguna untuk bahan belajarmu ketika ujian akhir semester. Mengingat buku setiap kuliah bisa lebih dari satu, dengan adanya catatan bisa menjadi pemandu kamu dalam belajar.

2. Teratur dalam Kuliah

Teratur dalam segala aspek kuliah

Sebagai mahasiswa ada beberapa hal yang harus kamu atur yaitu catatan, materi kuliah, jadwal kuliah dan tugas, dan kegiatan organisasi. Yang pertama, meskipun kamu sudah mencatat dengan baik, pastikan kamu mencatat dengan teratur. Catatan yang teratur adalah catatan yang rapi, berbeda setiap mata kuliah, dan mudah dibaca dan dicari. Kemudian, atur segala materi kuliah yang kamu miliki, dari mulai modul, buku, bahkan file kuliah dari dosen atau teman. Tujuannya sama, yaitu agar memudahkanmu untuk mencarinya ketika dibutuhkan. Kemudian kamu harus mengatur jadwal kuliah dan tugas. Tulis jadwalmu dalam kalender atau catatan khusus agar tidak salah jadwal kelas. Kemudian catat juga deadline setiap tugas agar tidak terlambat. Tugas yang terlambat biasanya mengurangi nilai, bahkan ada dosen yang menolak tugas yang terlambat. Yang terkahir adalah mengatur kegiatan organisasimu agar tidak mengganggu kuliahmu. Selalu prioritaskan kuliah diatas organisasi, jangan sebaliknya.

3. Stop Media Sosial

Stop media sosialmu saat sedang belajar

Memang sebagai generasi millenial, media sosial bisa menjadi salah satu kebutuhan. Akan tetapi ketika kamu sedang kuliah, belajar, atau mengerjakan tugas, stop media sosialmu sementara. Ini adalah cara paling ampuh agar proses belajarmu tidak terganggu. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan media sosial.

4. Jangan Menunda

Kerjakan pekerjaan yang bisa dikerjakan sekarang

Malas merupakan musuh dari setiap orang. Wujud kemalasan bagi mahasiswa adalah menunda hingga detik-detik terakhir. Ada dua tips agar kamu terhindar dari kemalasan ini. Yang pertama, jika mau mendapat tugas , sebaiknya langsung dikerjakan pada hari itu juga. Biasanya tugas diberi deadline sekitar 1 – 2 minggu. Dan sangat besar kemungkinan setiap hari kamu akan mendapatkan tugas baru. Oleh karena itu jika kamu menunda tugas, hasilnya ada tugas yang menumpuk di akhir pekan. Tugas yang dikerjakan di detik-detik akhir biasanya kualitasnya sangat tidak bagus, jadi jangan mengharapkan nilai yang bagus jika kamu mengerjakan tugas di menit-menit terakhir.

Tips yang kedua adalah mencicil belajar. Jika sekiranya ujian akhir semester akan segera datang sekitar 2 minggu lagi, segera review dan pelajari materi yang sudah kamu peroleh. Tak perlu lama-lama, cukup 15 – 30 menit saja setiap hari setiap mata kuliah. Hal ini lebih efektif dari pada belajar semalam suntuk sebelum ujian.

5. Belajar Secukupnya

Belajar itu harus cukup, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak

Bagi beberapa orang, mereka dapat belajar dalam waktu yang lama. Jika kamu salah orang tersebut, sebaiknya mulai kurangi waktu belajar. Terlalu sedikit atau terlalu banyak belajar sama-sama tidak baik. Belajarlah yang efektif tentang materi-materi kuliah yang hanya diajarkan saja. Jangan belajar semua informasi yang belum berguna. Gunakan waktumu untuk alokasi kegiatan yang lain.

6. Temukan Tempat Belajarmu Sendiri

Temukan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu

Agar belajar lebih efektif, sebaiknya kamu mengerti bagaimana kriteria tempat yang sesuai dengan keinginanmu ketika belajar. Beberapa mahasiswa senang belajar di tempat yang jauh dari gangguan, misalnya di perpustakaan. Namun ada juga yang sedang jika belajar bersama dengan teman. Temukan kriteria tempat spesialmu untuk belajar dengan mencoba berbagai tempat yang ada.

7. Istirahat yang Cukup

Istirahatlah pada tempat dan waktunya

Berikan dirimu jatah waktu untuk istirahat. Berikan tubuhmu tidur yang cukup setiap harinya. Jika memang harus begadang tidak masalah selama tidak terlalu sering. Sebisa mungkin tugas-tugas kamu selesaikan antara hari senin-jumat agar hari sabtu dan minggu bisa kamu gunakan untuk istirahat.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>