Jenis-Jenis Tes TOEFL

TOEFL adalah salah satu nama tes kemampuan bahasa Inggris yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. TOEFL merupakan singkatan dari Test Of English as Foreign Language. Tes TOEFL terdapat banyak ragamnya. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai jenis-jenis tes TOEFL.

TOEFL LIKE

Jenis yang pertama adalah TOEFL LIKE. Kata ‘like’ disini maksudnya adalah test ‘seperti’ toefl atau bisa disebut juga tes prediksi TOEFL Tes TOEFL LIKE biasanya disediakan oleh lembaga bahasa lokal. Test ini biasanya digunakan untuk para pembelajar pemula bahasa Inggris yang mengukur kemampuannya dalam mengahadapi tes kemampuan bahasa. Harganya biasanya relatif murah dari mulai Rp 25.000 – R75/000 tergantung lembaga yang meyediakan. Nnamun beberapa lembaga mengratiskan biayanya sebagai salah satu promosi lembaga tersebut. Biasanya biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya cetak sertifikat dari lembaga tersebut. Akan tetapi sertifikat TOEFL LIKE tidak bisa digunakan dalam dunia pedidikan atau pekerjaan. Test TOEFL LIKE ini biasanya menggunakan nama yang sedikit mirip dengan test TOFL. Nama TOEFL sendiri merupakan merek dagang yang sudah terdaftarkan secara internasional yang dimiliki oleh perusahaan ETS (Educational Testing Service), sehingga penggunaan nama test TOEFL harus seijin oleh perusahaan tersebut.

TOEFL ITP

TOEFL ITP merupakan kepanjangan dari Institutional Testing Program. Test TOEFL ini merupakan test TOEFL lokal yang sudah mendapatkan ijin dari perusahaan ETS selaku pemegang lisensi test TOEFL. Test TOEFL ITP di Indonesia biasanya hanya diselenggarakan oleh institusi bahasa besar yang berada di Universitas. Biaya test TOEFL ITP berkisar sekitar 30 USD atau sekitar Rp 400.000 belum termasuk biaya administrasi. Sertifikat TOEFL ITP diakui di seluruh Universitas dan Perusahaan di Indonesia, namun belum diakui secara internasional.

ETS TOEFL

ETS merupakan perusahaan edukasi penyedia layanan “ujian” dimana salah satu produknya adalah test TOEFL. Perusahaan yang berada di Amerika ini merupakan pemegang lisensi tes TOEFL. Test TOEFL yang diselenggarakan oleh ETS merupakan test TOEFL resmi. Biaya yang harus dibayarkan adalah sekitar 180 USD. Akan tetapi terdapat beberapa lembaga bahasa yang sudah bekerja sama dengan ETS, sehingga kita dapat melakukan test TOEFL resmi di Indonesia tanpa harus jauh-jauh ke Amarika. Terdapat tiga macam test TOEFL oleh ETS yaitu paper based (ujian tulis), computer based (ujian komputer), dan internet based (ujian komputer online). Sertifikat dari ujian TOEFL ETS diakui oleh seluruh dunia. Sertifikat ini bisa digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi internasional terutama di Eropa, Amerika, dan Australia.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>