Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tugas akademis harus dilakukan secara mandiri. Dari mulai mendaftar mata kuliah hingga pengumpulan tugas harus dilakukan mandiri. Perbedaan yang paling mencolok antara mahasiswa dan siswa adalah segala proses belajar mengajar selama di kuliah dilakukan dalam jadwal yang pasti dan ketat. Keterlambatan dalam suatu hal, semisal pengumpulan tugas, bisa berakibat fatal dalam perolehan nilai. Nah berikut ini adalah tips mengatur waktu bagi kamu mahasiswa.

1. Pahami Betul-Betul Jadwal Kuliah

Jadwal kuliah sangat membantu merencanakan aktivitas kuliah

Setiap mata kuliah hanya diajarkan sekali dalam satu minggu, biasanya pada hari, tempat, dan jam yang sama. Adanya jadwal kuliah dapat membantu kamu dalam manajemen waktu pada hari-hari tertentu, terutama pada hari yang padat. Pastikan ketika hari kuliah padat, tidak ada aktivitas lain agar kamu fokus selama kuliah. Pada hari kuliah dengan jam yang senggang bisa kamu gunakan untuk sedikit bersantai atau untuk mengerjakan tugas kuliah.

2. Tugas Kuliah Selalu Memiliki Deadline

Jangan sepelekan tugas-tugas kuliah

Setiap mata kuliah pasti ada namanya tugas paper atau makalah. Dosen biasanya memberi waktu tenggat paling tidak 1 minggu. Masalahnya biasanya timbul keinginan bahwa deadline tugas masih lama, yaitu minggu depan. Pemikiran ini sangat berbahaya, karena ada kemungkinan besar pada mata kuliah berikutnya akan terdapat tugas yang sama. Jangan mengandalkan weekend sebagai hari untuk mengerjakan semua tugas kuliah, karena kemampuan otak sangat terbatas dan belum lagi tubuh yang lelah. Untuk menyiasatinya, kerjakan tugas pada hari itu juga diberikan. Apapun hasilnya. Mengerjakan tugas pada hari itu justru lebih mudah karena kuliah yang kamu peroleh masih berada di depan pikiran. Mengerjakan tugas bersama teman juga dapat memudahkan karena terdapat teman yang bisa saling membantu.

Selalu ada konsekuensi dari tugas yang dikumpulkan lewat dari jadwal. Salah satunya adalah pengurangan bobot nilai. Apapun kondisinya, berusahalah untuk mengumpulkan tugas tepat waktu dan hindari tidak mengumpulkan tugas. Tugas kuliah adalah salah satu komponen penilaian, satu saja tugas kuliah kosong bisa menurunkan nilai mata kuliah secara drastis.

4. Waktu Istirahat Yang Cukup

Jangan lupa untuk tidur berkualitas

Aktivitas di kampus memang tidak hanya kegiatan kuliah, beberapa mahasiswa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa. Apapun kegiatannya, berikan waktu bagi tubuhmu untuk beristirahat. Jika tubuh kurang istirahat, kemampuan otak akan menurun sehingga selama kuliah akan sulit menerima materi kuliah. Sebisa mungkin jangan sampai sakit, karena sangat mengganggu kegiatan kuliahmu. Tugas akan terbengkalai, belum lagi rasa malas ketika akan kuliah.

5. Luangkan Waktu Untuk Membaca

Membaca, cara utama belajar

Selama kuliah pasti akan banyak literatur yang diberikan dosen. Terkadang dosen hanya memberikan panduan di permukaan, sedangkan sisanya harus dibaca sendiri oleh mahasiswa. Luangkan waktu paling tidak 30 menit hingga 1 jam sehari untuk membaca literatur pada mata kuliah yang belum kamu pahami. Satu-satunya cara agar kamu paham hanyalah dengan membaca.

Itulah sedikit tips dalam manajemen waktu bagi mahasiswa. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu sobat mahasiswa.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

One thought on “Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>