Untuk anak sekolah, Komputer atau Laptop?

Dekade terakhir ini perkembangan teknologi begitu pesat dari komputer hingga gadget. Berbeda dengan kondisi sekitar 10 tahun yang lalu, kini komputer bukan hanya sebagai kebutuhan sekunder. Bagi beberapa keluarga, komputer bisa menjadi kebutuhan primer. Jika sebelumnya komputer dulu hanya digunakan oleh para pebisnis, kini komputer mulai digunakan oleh mahasiswa bahkan sampai siswa sekolah dasar. Beberapa sekolah dasar, terutama sekolah favorit menggunakan komputer dalam proses belajar mengajar. Alhasil baik guru atau siswa mau tidak mau harus memiliki komputer. Bagi orang tua yang tidak bekerja dalam bidang komputer pasti bingung untuk menentukan kebutuhan anak, apakah perlu komputer atau laptop secara kini siswa mulai dituntut untuk bisa menggunakan komputer. Nah sebelum anda memutuskan untuk pergi ke toko komputer, simak tips berikut ini untuk memilih komputer atau laptop bagi kebutuhan anak sekolah.

1. Mobilitas atau Fungsional

Tanyakan kepada anak, kira-kira bagaimana nantinya komputer akan digunakan. Apakah akan dibawa ke sekolah? Atau hanya dipakai di rumah? Bagi anak sekolah tingkat SD atau SMP, saya kira tidak terlalu membutuhkan mobilitas tinggi dalam penggunaan komputer. Oleh karena itu bagi kebutuhan anak sekolah SD atau SMP, cukup dengan komputer di rumah. Akan tetapi beberapa sekolah favorit “mengharuskan” beberapa siswa memiliki laptop dalam setiap kelompok yang nantinya digunakan untuk presentasi sama seperti murid-murid SMA yang juga sering melakukan presentasi. Jika memang kebutuhan komputer untuk mobilitas tinggi, sering dibawa ke sekolah maka mau tidak mau laptop jawabannya.

2. Perkirakan Budget

Saya paham bahwa tidak semua orang tua memiliki budget lebih untuk membeli komputer bagi anak. Perbedaan antara komputer (Desktop) dan laptop adalah masalah harga yang begitu signifikan. Untuk spesifikasi yang sama, harga komputer bisa lebih murah dengan selisih hingga 1 juta. Namun memang sedikit repot dalam memasang komputer di rumah. Tapi dengan sedikit arahan, saya kira semua orang bisa memasang CPU, monitor, keyboard dan mouse. Oleh karena itu jika memang kebutuhan anak untuk komputer hanya fungsinya saja, entah untuk belajar atau membuat bahan presentasi, saya kira komputer pilihan yang tepat bagi yang ingin berhemat.

4. Kelebihan dan Kekurangan antara Komputer dan Laptop

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, komputer lebih murah daripada laptop. Namun komputer membutuhkan ketrampilan dasar dalam memasang setiap komponennya. Bagi anda yang tidak mau ribet, memang laptop adalah pilihan yang tepat. Namun perlu diketahui, karena komponen cpu komputer terpisah, perbaikan komputer jika diharuskan mengganti sparepart lebih murah karena hanya mengganti bagian yang rusak saja. Akan tetapi beberapa laptop merupakan satu unit yang tidak dapat dipisah terutama bagian mesin atau cpu. Alhasil jika bagian mesin laptop rusak, maka harus diganti semuanya.

5. Tanyakan Pada Kolega Yang Berpengalaman

Dalam memilih laptop atau komputer, pastikan bapak ibu mengajak teman atau saudara yang paham dengan komputer. Meskipun tidak semua penjual toko “jahat”, biasanya mereka memasarkan produk komputer yang terbaik yang sebenarnya spesifikasinya terlalu tinggi bagi anak sekolah. Dengan mengajak kolega, pastinya bapak ibu bisa memiliki komputer atau laptop sesuai kebutuhan dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>