Tips Mengatur Keuangan bagi Anak Kost

Sebagai anak kost kita pastinya dituntut untuk serba mandiri. Salah satu hal yang harus kita tangani sendiri adalah masalah keuangan. Bagi kamu yang akan atau baru menjadi anak kost, simak beberapa tips mengatur keuangan bagi anak kost.

1. Batasi Pengeluaran Setiap Hari

Meskipun kita memiliki jatah uang bulanan, jatah tersebut harus dibagi rata setiap harinya agar kita tetap dapat makan sampai akhir bulan. Oleh karena itu, carilah berapa rata-rata uang yang dapat kita keluarkan setiap harinya. Misalkan jatah bulanan kita Rp 900.000 kita bagi rata-rata sebulan ada 30 hari, sehingga setiap hari jatah kita adalah Rp 30.000. Dari rata-rata harian tersebut, pastikan pengeluaran kita setiap hari tidak melebihi jatah harian. Justru jika memungkinkan, pengeluaran harian bisa di bawah jatah harian agar dapat ditabung.

2. Alokasi Untuk Kebutuhan Utama

Setiap orang memiliki tiga kebutuhan utama yaitu sandang, pangan dan papan. Jika kamu sudah mendapatkan tempat kost, berarti kebutuhan papan sudah terpenuhi. Dua kebutuhan utama yang belum adalah sandang dan papan. Oleh karena itu pastikan kita memiliki alokasi dana untuk sandang dan pangan.

3. Alokasi Makan Setiap Hari

Tips mengatur keuangan bagi anak kost selanjutnya adalah mengalokasikan dana untuk makan setiap harinya. Kebutuhan makan memang penting, tapi pastikan tidak melebihi jatah harian kita. Alokasi ideal setiap harinya adalah setengah dari jatah harian. Untuk berhemat bisa memasak nasi sendiri, jadi kita tinggal membeli sayur atau lauk. Pengalaman saya, sekali beli sayur dan lauk bisa digunakan untuk 2 – 3 kali makan dengan harga yang sama untuk satu kali makan.

4. Kebutuhan Sandang Setiap Bulan

Kebutuhan sandang tidak hanya terbatas pada pakaian kita. Kebutuhan sandang juga termasuk sabun cuci baju atau biaya laundry, perlengkapan mandi, dan perlengkapan pribadi. Sebaiknya kebutuhan sandang dipenuhi setiap bulannya karena biasanya perlengkapan pribadi dan mandi lebih murah jika dibeli dalam ukuran besar, seperti sabun mandi, shampo, pasta gigi, parfum dan sebagainya. Oleh karena, alokasikan dana untuk berbelanja kebutuhan sandang setiap awal bulan ketika kiriman baru datang.

5. Kebutuhan Kuliah bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa kost, salah satu pengeluaran yang pasti ada adalah biaya copy buku dan print makalah tugas. Karena tujuan mahasiswa kost adalah menyelesaikan kuliah, mau tidak mau kebutuhan ini adalah prioritas utama. Jika sekiranya masih kurang, bisa dipotong dari alokasi makan. Namun untuk kebutuhan copy buku, cobalah menjadi pengurus yang memesankan copian buku. Sewaktu saya kuliah dulu saya mendapatkan gratisan buku karena mengurus copian buku teman-teman satu kelas. Lumayan bisa berhemat, apalagi jika kita mengurus seluruh copian buku sehingga kita tidak perlu mengalokasikan dana untuk buku selama satu semester.

6. Tabung Setiap Receh di Dompet

Jangan sepelekan setiap recehan di dompet. Jika dikumpulkan satu bulan, jumlahnya pasti lumayan juga. Entah itu Rp 2.000 atau bahkan Rp 100, tabunglah uang tersebut. Suatu saat pasti akan terkumpul dan berguna di masa depan.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan bagi anak kost. Memang berat di awal, tapi percayalah bahwa pengalaman menjadi anak kost akan sangat membantu kita di masa depan kelak.

 

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>