Mengenal Tes Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL

Mengenal Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Test kemampuan bahasa Inggris sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan terutama bagi kaum akademis ataupun para karyawan yang ingin meningkatkan jenjang karir. Terdapat beragam jenis tes kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS, ITP, TOEFL, hingga TOEFL “KW”. Tes kemampuan bahasa Inggris yang resmi biasanya diselenggarakan oleh Lembaga yang resmi baik itu universitas atau Lembaga bahasa Inggris Internasional. Oleh karena itu tes kemampuan bahasa Inggris yang resmi (baca: bukan KW) pelaksanaanya tidak murah. Kisaran harganya dari sekitar Rp 300.000 (untuk TOEFL ITP/Universitas) hingga Jutaan untul lembaga bahasa Internasional.

Struktur Tes TOEFL

Setiap bentuk ujian atau tes selalu memiliki strukur soal atau pertanyaan.  Setiap jenis tes kemampuan bahasa Inggris memiliki strukturnya masing-masing. Pada bagian ini saya hanya akan menjelaskan struktur tes TOEFL.

Semua soal atau pertanyaan berupa pilihan ganda.

Jangan khawatir dengan soal isian atau penjelasan dalam soal tes TOEFL. Dibandingkan dengan tes lain, TOEFL relatif lebih mudah dikerakan karena semua soal berupa pilihan ganda.

Terdapat tiga macam tes TOEFL; ujian tulis, ujian komputer, dan ujian online.

Dalam penyelenggaraanya, ujian TOEFL dapat diselenggarakan dalam tiga macam tes atau media. Yang pertama adalah ujian secara tertulis. Ujian TOEFL tertulis biasanya tarifnya lebih murah dan sering diselenggarakan oleh Universitas (yang bernama TOEFL IBT). Akan tetapi tes TOEFL tertulis memiliki kekurangan yaitu hasil tes para peserta harus dikoreksi secara manual sehingga pengumuman hasil ujian membutuhkan waktu beberapa hari.

Jenis yang kedua adalah ujian TOEFL berbasis komputer. Pelaksanaanya dengan menggunakan komputer yang sesuai standar. Biasanya penyelenggaraan test ini hanya terdapat pada lembaga bahasa Internasional. Karena menggunakan komputer, biaya tesnya sedikit lebih mahal dari pada ujian tulis, akan tetapi hasilnya biasanya bisa langsung diumumkan setelah ujian.

Jenis tes yang terakhir adalah ujian TOEFL berbasis internet. Ujian ini menggunakan komputer secara online, ujiannya biasanya dapat dilakukan di rumah atau di lembaga bahasa. Biasanya ujian berbasis internet ini relatif mahal dibandingkan jenis tes yang lain. Penyelenggaraan tes ini terbatas hanya lembaga-lembaga yang memiliki lisensi TOEFL resmi dari kator Educational Testing Service dari Amerika Serikat. Meskipun mahal, sertifikat dari ujian tes TOEFL online biasanya bersifat internasional sehingga diakui di semua negara.

Nilai TOEFL beragam tergantung jenis ujiannya

Nilai atau skor TOEFL beragam tergantung jenis ujiannya. Untuk ujian tulis, range skor TOEFL adalah 217 -677. Oleh karena itu dalam pelaksanaan ujian tulis, anda tidak akan mendapat skor 0. Untuk pelaksanaanya sendiri diberi alokasi waktu sekitar 2 – 2.5 jam. Sedangkan range skor untuk ujian Komputer 0 – 300 dengan alokasi waktu 2 – 2.5 jam. Untuk range skor ujian online adalah 0 – 120 dengan alokasi waktu sekitar 4 jam.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>