Persiapan Diri Sebelum Merantau Kuliah

Berbeda ketika SMA dimana sebagian besar murid-muridnya berasal dari kota yang sama, pada saat kuliah banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota yang akhirnya harus merantau demi menuntut ilmu. Sebagian besar mahasiswa PTN atau PTS favorit justru berasal dari luar wilayah, meskipun ada beberapa mahasiswa yang berasal dari daerah atau kota yang sama. Nah bagi kamu yang akan berangkat merantau untuk kuliah pertama kali, pasti bingung persiapan apa saja yang dibutuhkan. Nah berikut ini ada sedikit tips bagi kamu yang akan kuliah di kota orang, alias harus merantau.

Mencari Kos

Ketika masa-masa penerimaan mahasiswa baru, tempat tinggal sementara atau kos menjadi sasaran bagi para mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi. Pada umumnya semakin dekat dengan lokasi universitas, semakin mahal tarif kos. Tidak hanya itu, sebagian besar kos di sekitar kampus mengharusnya sewa langsung selama tahunan, sangat jarang bulanan. Oleh karena itu jika kamu sudah pasti diterima di suatu perguruan tinggi dan akan merantau kuliah, cepat-cepatlah mencari kos yang cocok. Ingat istilah jawa ono rego ono rupo yang berarti “ada harga ada barang”? Hal ini yang selalu dipegang oleh para juragan kos. Kalau kamu mau kos dengan fasilitas istimewa, pastinya tarif kos akan lebih mahal daripada kos yang sederhana. Akan tetapi karena kos adalah kebutuhan wajib bagi mahasiswa perantauan, pastikan kamu mencarinya sesuai dengan kemampuan dan kondisi kamu karena nantinya akan kamu tinggali paling tidak sekitar setahun kedepan. Tidak hanya itu, kamu juga akan bersaing dengan mahasiswa lain yang baru diterima dalam mencari kos. So, prioritaskan mencari kos yang utama setelah kamu sudah pasti diterima.

Transportasi Selama Merantau Kuliah

Transportasi merupakan komponen penting bagi mahasiswa. Mungkin pada awal-awal semester kamu tidak akan sering-sering ke luar wilayah kampus kecuali hanya untuk jalan-jalan atau refreshing. Pada semester awal jika memang belum membawa kendaraan, bisa diakali dengan memiliki kos yang dekat dekat kampus sehingga aktifitas kampus bisa dijangkau dengan jalan kaki. Akan tetapi pada mulai semester 3 keatas, kamu akan mulai sering ke luar wilayah kampus untuk keperluas tugas kampus seperti praktek lapangan, tugas lapangan, dan yang pasti Kuliah Kerja Nyata yang mengharuskan kamu berada di pedalaman di provinsi universitas kamu berada. Keberadaan kendaraan pribadi sangat membantu agar kamu lebih mudah dalam menjangkau tempat -tempat tersebut.

Hidup Mandiri

Sebagai mahasiswa yang merantau kuliah, hidupmu akan berubah drastis jika dibandingkan masa-masa SMA. Ketika kuliah kamu dituntun harus mandiri baik dalam kehidupan akademis di kampus atau kehidupan di luar kampus. Di kampus, segala administrasi yang berhubungan dengan kuliah harus kalian urus sendiri ke kantor administrasi di setiap fakultas seperti input atau daftar mata kuliah, pengisian rencana studi, hingga meminta tanda tangan kepada pembimbing akademik di kantor jurusan. Semua kegiatan tersebut harus kamu lakukan sendiri. Oleh karena itu selalu update informasi, paling tidak dengan teman-teman sekelas. Lebih baik lagi jika kamu memiliki kenalan kakak tingkat untuk menanyakan kehidupan di kampus.

Tuntunan hidup mandiri juga harus kamu penuhi di luar kampus. Kegiatan sehari-hari seperti (mencari) makan dan mencuci pastinya harus kamu lakukan sendiri. Untuk makan kamu bisa membeli di warung sekitar kos, atau jika ingin berhemat kamu bisa memasak sendiri. Ketika tinggal di kos, pastinya kamu juga akan bertemu beberapa teman baru entah seangkatan atau beda tingkat. Ibaratnya teman kos bisa sebagai sodara kamu ketika di perantauan yang bisa saling membantu ketika membutuhkan.

Tanggung Jawab

Semua tanggung jawab selama kuliah berada di tangan kamu sendiri. Dari mulai berangkat kuliah hingga mengerjakan tugas kuliah semua ada di tangan kamu sendiri karena tidak ada yang mengawasi. Dosenpun tidak akan masalah jika kamu masuk kuliah atau tidak, mengerjakan tugas atau tidak karena jika kehadiran kamu sedikit dan tugas yang kurang dosen tinggal memberikan nilai rendah atau bahkan kosong. Oleh karena itu ketika kamu berangkat kuliah, pastikan niat kamu kuat untuk menuntut ilmu dan selalu memiliki visi untuk segera menyelesaikan kuliah dengan nilai yang baik dan tempo yang sesingkat-singkatnya.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>