Persiapan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Baik siswa, mahasiswa, karyawan atau umum, kemampuan bahasa asing salah satunya bahasa Inggris merupakan kemampuan yang memiliki peranan penting. Bagi siswa, tentu saja bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran untuk ujian. Bagi mahasiswa kemampuan bahasa Inggris biasanya merupakan syarat kelulusan bahkan syarat untuk mencari pekerjaan agar lebih mudah. Apapun latar belakangnya, kemampuan bahasa Inggris menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik, salah satu caranya adalah dengan ikut pelatihan bahasa, kurus, atau bimbingan belajar. Namun masalahnya, tidak semua orang yang ikut kursus bahasa Inggris berhasil menguasai bahasa Inggris dengan baik. Nah berikut ini adalah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti kursus bahasa Inggris agar memperoleh hasil yang maksimal.

1. Melatih Kemampuan Pasif

Kemampuan bahasa terdiri dari dua macam yaitu kemampuan aktif dan kemampuan pasif. Kemampuan yang termasuk kemampuan aktif adalah kemampuan menulis (writing) dan berbicara (speaking) dan kemampuan pasif adalah kemampuan membaca (reading) dan mendengarkan (listening). Pelatihan bahasa biasanya hanya fokus untuk melatik kemampuan aktif writing atau speaking. Nah oleh karena itu sebelum ikut pelatihan bahasa, melatih kemampuan pasif sangat membantu dalam kelas pelatihan bahsa Inggris. Seperti namanya melatih kemampuan pasif hanya perlu mendengarkan atau membaca suatu konten bahasa Inggris, bisa dengan lagu, film, atau bacaan bahasa Inggris

2. Temukan Motivasi

Apapun jenis kursus yang kamu lakukan, sebaiknya dilandasi oleh motivasi yang kuat. Dalam proses mempelajari kemampuan baru, tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Dalam belajar bahasa Inggris, paling tidak membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum kita mulai bisa memahami kalimat atau ucapan dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Rasa jenuh, bosan, atau sulit pasti muncul di tengah proses kursus bahasa Inggris. Motivasi inilah yang nantinya sebagai penjaga semangat kita agar tetap semangat dalam belajar bahasa Inggris.

3. Memahami Tata Bahasa Dasar

Sebelum ikut kursus, tidak salahnya untuk belajar dasar tata bahasa. Tak harus muluk-muluk tenses dan sejenisnya, cukup memahami tata bahasa dasar seperti bentuk kalimat sederhana, kelas kata (part of speech), dan bentuk kata majemuk. Berikut ini adalah beberapa contoh tata bahasa dasar yang mungkin dapat membantu.

  • Kalimat dasar bahasa Inggris minimal harus memiliki Subject dan Verb (kata kerja).
  • Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris memiliki kelas kata noun, verb, adverb, adjective, conjunction, dll.
  • Untuk kata majemuk, kata utama selalu berada di belakang seperti good book, beautiful women,  dll.

4. Memperbanyak Kosakata

Menghapal kosakata bahasa Inggris sangat membantu dalam proses belajar bahasa Inggris. Bagaimanapun juga karena kita belajar bahasa, mau tidak mau kita harus tau kosakata bahasa tersebut. Mengahapalkan kosakata sederhana seperti sapaan, percakapan, dan komunikasi sehari-hari merupakan tahap awal yang dapat dilakukan.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>