Belajar Bahasa Inggris Dasar dan Otodidak

Belajar bahasa apapun, pasti ada awal mulanya, tidak terkecuali belajar Bahasa Inggris dasar. Pertanyaan yang sering dialami oleh pemula dalam belajar bahasa Inggris adalah ‘apa yang harus saya lakukan pertama kali belajar bahasa Inggris’. Berikut ini akan saya berikan beberapa saran bagi teman-teman yang ingin mengawali belajar bahasa Inggris.

Temukan Interest

Dalam belajar bahasa Inggris dasar, interest memiliki kunci utama dan pondasi. Interest atau ketertarikan teman-teman dalam bahasa bisa beragam. Contoh yang paling mudah adalah ketertarikan teman-teman dengan bahasa Inggris karena sering mendengarkan lagu bahasa Inggris. Hal ini yang menjadi kunci utama untuk tips selanjutnya. Selain dari lagu, teman-teman mungkin menyukai bahasa Inggris karena yang lain semisal dari novel, puisi, film atau memiliki kenalan seorang native speaker.

Saya sendiri menemukan interest saya dalam belajar bahasa Inggris karena bermain game adventure RPG. Sekilas tentang game tersebut berisi perjalanan para tokohnya yang berisi percakapan-percakapan. Mau tidak mau jika saya ingin menyelesaikan game tersebut, maka saya harus bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Selama saya memainkan game tersebut bahkan saya selalu membawa kamus untuk memahami arti percakapan di game tersebut.

Kembangkan Kosa Kata Untuk Belajar Bahasa Inggris Dasar

Percayalah, kosa kata adalah kunci utama jika ingin belajar bahasa Inggris secara cepat, bahkan bahasa apapun yang teman-teman ingin pelajari. Jangan terburu-buru untuk belajar grammar dan segalanya jika belum memiliki kosa kata memadai. Yang ada hanya jalan buntu karena teman-teman harus memahami tata bahasa sekaligus harus mengartikan contoh kalimatnya.

Cari kosa kata dari hal-hal disekitar kita. Dari mulai benda-benda di kamar, di ruang tamu, di ruang keluarga, bahkan benda-benda di dapur dan kamar mandi. Jangan sepelekan kosa kata sederhana, karena kosa kata bukan hanya sebagai hapalan kita namun juga melatih otak kita untuk terbiasa dengan kosa kata bahasa Inggris.

Gunakan Media Untuk Belajar Otodidak

Teman-teman bisa menemukan beragam buku bahasa Inggris di toko-toko buku. Tapi jujur saja, tidak semua orang menyukai membaca buku. Sekarang ini banyak media yang bisa teman-teman gunakan untuk belajar bahasa Inggris dari dasar.

Smartphone adalah salah satu contoh sepele namun sangat memberi manfaat jika teman-teman bisa menggunakannya secara optimal. Sejak tahun 2013 saya mulai memiliki smartphone dengan kapasitas memori besar, saya mulai mengisi smartphone saya dengan audio-audio conversation sederhana dan singkat. Terkadang saya mainkan ketika di kampus sembari menunggu kuliah atau sedang makan di warung.

Kemudian, saya juga mengunduh beberapa video bahasa Inggris, baik yang bersifat edukasional ataupun video informatif. Namun dalam video tersebut terdapat caption atau subtitle dalam bahasa Inggris pula untuk memudahkan saya untuk menambah kosa kata serta mendengarkan berbagai percakapan dan pengucapan kata-kata yang benar.

Teman-teman juga bisa menggunakan film untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Coba sekali-kali gunakan subtitle dengan bahasa Inggris. Jangan lupa bawa kamus, tak perlu kamus besar layaknya kamus Hasan Sadili, cukup aplikasi di smartphone. Sehingga lebih mudah mencari kata-katanya, namun kata-kata tersebut akan lebih kita mengerti karena biasanya digunakan beberapa kali dalam film.

Dengan media, baik audio ataupun visual, teman-teman bisa lebih mudah menghafal kosa kata karena tidak hanya sekedar membaca namun juga memahami konteks penggunaannya.

Nah itulah beberapa tips sederhana untuk teman-teman belajar bahasa Inggris cepat dan otodidak. Semoga bermanfaat, dan nantinya akan saya tulis juga beberapa tips lain mengenai belajar bahasa Inggris lebih dalam.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>