Tips Awal Belajar Bahasa Inggris

Bagi para pemula yang sedang memulai awal belajar bahasa Inggris, kesulitan yang sering ditemukan adalah menemukan langkah pertama untuk belajar bahasa Inggris. Sebaiknya untuk mengawali belajar bahasa Inggris bukan dari belajar grammar, speaking, atau vocabulary melainkan listening atau reading. Kemampuan bahasa terbagi menjadi dua macam, yaitu kemampuan aktif dan kemampuan pasif. Kemampuan aktif adalah kemampuan bahasa yang mengharuskan seorang untuk menghasilkan suatu kalimat (writing) atau suatu ucapan (speaking). Tentu bagi pemula kedua hal tersebut masih sulit dilakukan. Oleh karena itu sebaiknya, kemampuan yang diasah terlebih dahulu adalah kemapuan pasif, yaitu kemampuan membaca (reading) dan kemampuan mendengarkan (listening). Ada beberapa tips awal belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pasif dalam bahasa Inggris.

1. Menonton Film berbahasa Inggris

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan menyenangkan, serta semua kemampuan pasif dapat dilatih dalam satu waktu sekaligus. Dengan menonton film yang menggunakan bahasa Inggris, kita akan terbiasa mendengarkan ucapan-ucapan dalam bahasa Inggris. Jangan khawatir jika belum mengerti, karena dalam otak terdapat bagian disebut Language Acquired Device yang berfungsi untuk merekam segala proses pembelajaran bahasa baru. Pada tahap awal bisa menonton dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Jika sudah mengerti alur cerita, bisa menonton film kembali dengan subtitle bahasa Inggris. Meskipun kesulitan pada saat awal, kita akan terbantu mengerti makna subtitle tersebut yang digambarkan dalam adegan di film.

2. Mendengarkan Musik

Dengan mendengarkan musik, kita akan lebih mudah mengenali dan memahami bagaimana bahasa Inggris diucapkan. Dengan ditambahkan irama, mendengarkan musik untuk belajar bahasa Inggris tidak akan begitu menguras otak dan tidak membosankan. Selain mendengarkan musik, sempatkanlah untuk membaca lirik musik yang didengarkan dan cobalah untuk mencari terjemahannya. Atau kamu bisa mencoba untuk menerjemahkannya sendiri. Tak masalah jika terjemahan tidak akurat, selama kamu dapat memahami makna utama lagu, berarti proses belajar bahasa Inggris mengalami kemajuan.

3. Membaca Novel Ringan

Jika kamu sudah memiliki kemampuan pemahaman kalimat dasar, cobalah memulai membaca novel. Jangan terburu-buru membaca novel berat, cobalah membaca novel-novel ringan atau cerpen dalam bahasa Inggris. Sumber bacaan yang paling mudah adalah bacaan novel atau cerpen anak-anak. Dengan membaca novel secara tidak langsung akan membiasakanmu dengan kalimat-kalimat bahasa Inggris.

4. Konsistensi dan Motivasi

Agar proses awal belajar bahasa Inggris membuahkan hasil, kamu harus memiliki konsistensi dan motivasi. Agar kamu memiliki konsistensi tinggi dan tidak mudah menyerah dalam belajar bahasa Inggris, temukan motivasi atau alasan utama mengapa kamu ingin bisa bahasa Inggris. Bayangkan apa yang dapat kamu peroleh dan capai seandainya kamu dapat berbahasa Inggris dengan lancar. Untuk menemukan motivasi, kamu dapat mencari hal apa yang kamu sukai dalam bahasa Inggris sehingga memotivasi kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>