Tips Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Apapun bahasanya, kalimat merupakan produk dari bahasa tersebut. Entah itu diucapkan atau dituliskan, kalimat memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa. Bagi kamu yang sedang awal-awal belajar bahasa Inggris pasti memiliki kesulitan dalam membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar. Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar.

1. Kenali Kelas Kata

Sebelum membuat kata alangkah baiknya kita belajar apa-apa saja kelas kata yang ada dalam bahasa Inggris. Istilah kelas kata dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai part of speech. Jadi jangan bingung jika menemui istilah tersebut karena artinya sama dengan kelas kata.

Kembali ke kelas kata, bahasa Inggris memiliki macam kelas kata yaitu :

  1. noun / kata benda
  2. pronoun / kata ganti orang
  3. verb / kata kerja
  4. adjective / kata sifat
  5. adverb / keterangan
  6. preposition / kata depan
  7. conjunction / kata hubung
  8. interjection / kata seru

Kelas kata dalam bahasa Inggris memiliki padanannya dalam bahas Indonesia. Jadi tentunya kita lebih mudah memahami dan menghafalnya.

2. Kenali Struktur Kalimat

Untuk dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar kita harus memahami sedikit tentang struktur kalimat. Masih ingat dengan SPOK (subjek, predikat, objek, keterangan) ? SPOK merupakan struktur kalimat dasar dalam bahasa Indonesia, dimana setiap kalimat harus memiliki komponen tersebut.

Dalam bahasa Inggris struktur paling dasar adalah setiap kalimat harus memiliki minimal subject dan predicate. Subject kalimat dapat berupa noun atau pronoun. Sedangkan predicate hanya bisa diisi oleh verb. Pada bentuk dasar ini verb yang digunakan adalah intransitive verb atau kata kerja yang tidak membutuhkan object seperti run, cry, fly, sleep.

Contoh kalimat sederhana :

  • Babies cry.
  • Birds fly.

Sedikit lebih kompleks, kalimat juga dapat memiliki objectKalimat yang memiliki object selalu menggunakan transitive verb. Transitive verb adalah kata kerja yang menjelaskan tindakan subject yang berdampak pada object, sehingga selalu membutuhkan object. Contohnya seperti take, give, eat, drink.

Contoh kalimat dengan object :

  • Babies drink milk.
  • Birds eats seeds.

Dari kalimat yang memiliki object, dapat kita tambahkan informasi tambahan dalam bentuk adverb atau keterangan.

  • Babies only drink milk.
  • Birds usually eats seeds.

Jika kita amati ada kesamaan bentuk struktur kalimat yaitu Subject Predicate Object dan Adverb (keterangan).

3. Complement Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan struktur bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia adalah terdapat complement. Sebelum saya jelaskan tentangn complement, coba amati contoh kalimat berikut ini.

  • She is beautiful.
  • You look sad.
  • I am a student.

Dalam contoh kalimat diatas beautiful, sad, dan student bukanlah object atau adverb melainkan complement kalimat. Yang disebut sebagai complement adalah pelengkap kalimat yang biasanya menjelaskan keberadaan, kondisi, atau status dari subject. Complement dalam kalimat biasanya berbentuk kata benda (student) atau kata sifat (sad, beautiful).

Dalam kalimat yang memiliki complement tidak memiliki kata kerja yang “real” dalam arti tidak ada tindakan yang dilakukan. Kata kerja dalam kalimat bercomplement berfungsi menghubungkan antara subject dan complement. Oleh karena itu disebut sebagai linking verb.

Beberapa contoh linking verb adalah to be (am, is,are,was, were, have been, are being) become, dan seem

Akan tetapi terdapat beberapa action verb yang dapat digunakan sebagai linking verb seperti appeal, feel, remain, smell, prove, look, grow, sound, turn, taste.

Contoh kalimat dengan complement :

  • A good man could turn bad.
  • You look awful.
  • This garbage smell bad.
  • She grows tired

Itulah sedikit tips untuk membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar. Akan disambung lagi dengan topik yang lebih mendalam setiap poinnya. Jika ada hal yang sekiranya kurang paham, silahkan tinggalkan komentar.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>