Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Inggris, salah satu permasalahan yang umum dihadapi adalah meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Memang mau tidak mau dalam belajar bahasa baru kita harus menghafal kosakata baru. Akan tetapi seringnya kita pasti lupa dengan apa-apa saja kosakata yang telah kita baca. Nah kali ini akan saya berikan tips untuk menghafal kosakata Inggris agar membantu teman-teman dalam belajar bahasa Inggris.

1. Catat dan Pahami Kosakata Bahasa Inggris

Ingat teman-teman, catatan saya tidak akan pernah berguna bagi otak kita jika tidak ada pemahaman dalam menghafal kosakata. Bahasa termasuk dalam kemampuan yang diatur oleh otak kanan yang bersifat “kreatif”. Pembentukan kalimat dan pemahaman bahasa membutuhkan kemampuan kreatifitas bukan hafalan.

Yang saya maksud dengan memahami disini adalah memahami bagaimana makna dan penggunaan setiap kata. Seperti contoh pada kata forest, wood, dan jungle. Nah jika kita memahami perbedaan makna dalam kata tersebut pastinya ingatan kita akan lebih mudah mengingatnya.

2. Kenali Benda Sekitar

Tujuan utama dari bahasa yang paling utama adalah untuk berkomunikasi. Nah komunikasi sehari-hari yang kita lakukan pastinya tentang topik yang berada di sekitar kita. Jangan terburu-buru menghafal kata-kata yang sulit dan jarang digunakan. Amati benda-benda di sekitar teman-teman dan kemudian carilah istilah benda tersebut dalam bahasa Inggris.

Teorinya begini, semakin sering kita menemukan benda tersebut, semakin sering kita mendapat input visual benda tersebut ke dalam otak kita. Nah secara tidak sadar otak kita pasti akan mencari informasi tentang kosakata benda tersebut yang sudah kita hafalkan sebelumnya. Jadi kita tidak perlu repot-repot membaca berulang kali. Kalau perlu setiap benda berikan sticky note dan tuliskan istilahnya dalam bahasa Inggris.

3. Temukan Kata Kerja Dari Benda Tersebut

Setelah teman-teman menemukan istilah kosakata baru dari benda-benda sekitar, sekarang temukan kata kerja yang merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan benda tersebut. Contohnya seperti dalam list dibawah ini.

  • pencil – write
  • pan – cook
  • rice – eat
  • television – watch
  • water – drink
  • radio – listen
  • key – unlock

Setiap benda di sekitar kita pasti memiliki kolokasi kata dengan kata kerja. Kolokasi adalah hubungan antar kelas kata yang sering digunakan dalam kalimat. Coba temukan satu benda, kemudian temukan kata kerja yang berhubungan dengannya.

 

Rate this article....!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>